Kamis, 07 Oktober 2010

E.V.A


   Merupakan program yang berupa sistem operasi yang bekerja secara otomatis, E.V.A adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan alat elektronik yang ada dan saling berhubungan dengan komputer pusat. E.V.A merupakan Electronic Virtual Assistant.!!
   
   E.V.A memiliki kecerdasan buatan yang berguna untuk membantu, mempermudah dan menyelesaikan tugas manusia yang kompatibel dengan hardware atau electronic yang yang dapat dieksekusi oleh E.V.A.
Program ini di buat , dan didesain sedemikian rupa untuk dapat mengatur peralatan electronic yang memiliki chip khusus dan sensor, serta terhubung /Online dengan komputer utama, sehingga E.V.A dapat ;
  • Menggerakan
  • Menyalakan
  • Mematikan
  • Mengoperasikan
  • Mengatur
Alat / hardware (electronic) sesuai keinginan pengguna (USER).
   
   E.V.A sytem berada pada komputer utama yang di rancang khusus / sebagai super komputer, komputer tersebut di hubungkan dengan peralatan / elektronik yang memiliki chip tersendiri agar dapat di proses oleh E.V.A, sistem pada E.V.A dapat menerima dan memproses perintah manusia berdasarkan data base yang tersedia dan input perintah suara dengan 3 bahasa yaitu Inggris, Indonesia, dan Arab. E.V.A mengerti apa yang di ucapkan manusia sesuai dat base bahasa yang tersedia, namun E.V.A hanya melakukan perintah hanya terhadap orang- orang tertentu yang sudah terprogram di dalamnya.

   E.V.A dapat berinteraksi dengan manusia dengan berbicara, dan bahasa yang digunakan sesuai dengan data base yang ada, dan dapat mengganti bahasa tergantung dengan siapa E.V.A bicara. E.V.A  dapat menggambarkan dirinya berupa bentuk manusia Pria / Wanita sesuai yang diinginkan user (pemilik) dengan gambar pada monitor maupun gambar 3D hologram.

     Sistem pada E.V.A termasuk multifungsi, sehingga dapat mengerjakan/ memproses 2 - 100 perintah yang di berikan. Dalam E.V.A terdapat data base sesuai penggunaan dan fungsi tersendiri, dan otomatisasi sistem.

Contoh :
   Suatu Sistem yang berada di Rumah, E.V.A dapat mengendalikan 
  • komputer utama itu sendiri beserta aplikasi di dalamnya, manusia dapat memerintah E.V.A untuk mengerjakan pekerjaannya/ menjalankan aplikasi yang ada dan melakukan proses yang diperintahkan .
  • alat elektronik yang ada di rumah, seperti menyalakan / mematikan dan mengganti acara TV, mengatur suhu ruangan pada AC, mengunci pintu otomatis dengan alat kunci elektronik, menyalakan lampu jika di perintahkan dan jika hari mulai gelap, menyiram tanaman di halaman, menjawab telepon rumah, memindai wajah dan bentuk tubuh manusia (tamu) yang datang, sebagai penerima tamu dengan bentuk hologram 3D, mencuci, menghangatkan nasi dan sebagainya.

   suatu sistem yang dipakai pada bidang militer
  •  E.V.A dapat membuat perencanaan strategi pada sistem pertahanan.
  • mendeteksi datangnya ancaman melalui pemindai pada satelit maupun radar, sistem pengenalan suara pada telepon maupun handphone, dan menanganinya dengan cara memberikan laporan atau peringatan dengan cepat.
  • pengendalian spyplane, anti misil, senjata otomatis yang menembak sasaran dengan tepat dan tidak salah target.
  • membuat rancangan dan menganalisis keadaan geografis dan cuaca, dengan gambar pada monitor yang menunjukan letak yang tepat berdasarkan koordinat.
  • dan E.V.A sangat berguna pada INTEL guna mencari dan memberikan informasi melalui media elektronik dan internet.

         By: Robi Rahman
         3 KA 11    (12108162)
         Sistem Informasi
         Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar