Sabtu, 23 April 2011

Virus Macro

Pada aplikasi seperti Microsoft Word dan excel terdapat fasilitas yang bernama macro. Macro merupakan serangkaian perintah dalam bahasa BASIC yang ditujukan untuk menjalankan perintah tertentu secara otomatis. Seorang user dapat memanfaatkannya untuk mengotomatisasikan pekerjaan yang berulang - ulang. Macro - macro yang dibuat di dalam aplikasi tersebut dapat disimpan di dalam dokumen tersebut atau global template NORMAL.DOT. Bila disimpan dalam dokumen tersebut, macro hanya akan  aktif bila dokumen dibuka, sedang bila macro disimpan di NORMAL.DOT, macro tersebut dijalankan setiap kali aplikasi word atau excel dijalankan.
PROSES PEMBAJAKAN
Pada aplikasi microsoft word atau excel terdapat macro - macro bawaan  yang merupakan bagian terintegrasi dengan aplikasi word, misalnya macro bawaan FileOpen. Macro ini bila dijalankan akan memanggil kotak dialog open. contoh lain adalah macro HelpAbout. bila anda menjalankan macro ini,makia word akan menjalankan perintah yang memanggil kotak dialog about. macro - macro tersebut selengkapnya dapat anda liat pada kotak dialog macros dengan memilih menu tools>macro>macros... atau dengan menekan shortcut key Alt+F8. selanjutnya, pada kotak macros in pilihlah word commands.

Pada sisi lain, microsoft word membuka lebar - lebar bagi seorang user untuk berkreasi dengan macro dalam rangka mengotomatisasikan tugas - tugasnya yang berulang - ulang. Tujuannya adalah untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan tugas -tugas tersebut.

Uniknya, seorang user  dapat membuat sebuah macro dengan sembarang nama termasuk nama macro yang telahdipakai oleh macro bawaan microsoft word, misalnya pada macro FileOpen bawaan microsoft word yang tugasnya menampilkan kotak dialog open. Seorang user dapat memberi nama pada macro yang dibuatnya dengan nama FileOpen juga. Microsoft word mengutamakan menjalankan macro yang dibuat user ketimbang menjalankan macro bawaannya sendiri. disinilah "proses pembajakan" terjadi.

Virus - virus macro kerap menggunakan nama yang sama untuk macronya dengan nama yang telah dipakai oleh macro bawaan microsoft word. sebuah macro adalah sebuah teknologi, teknologi bersifat netral, ke arah mana macro itu dibuat tergantung programernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar