Senin, 09 Mei 2011

Virus Pada Linux



Linux Ternyata tidak kebal terhadap virus, buktinya Linux dapat diserang virus staog. Virus yang ditemukan pada musim gugur tahun 1996 ini menyerang dengan menginfeksi file – file bertipe Elf. Kenyataan ini mematahkan anggapan bahwa system operasi Linux “Kebal” terhadap virus. Linux dan system operasi lain juga immune terhadap virus.
Setelah mengetahui bahwa sebagaimana windows, Linux pun rentan terhadap serangan virus, sepatutnya bersiap – siap membentenginya dengan program – program antivirus.
Program – program antivirus untuk system operasi Linux cukup banyak. Sebagian ada yang bersifat freeware dan sebagian lagi bersifat komersil. Yang menarik di anatara program antivirus ini, ada beberapa yang bahkan menyertakan source code antivirus yang bersangkutan. Ada yang kompatibel dengan seluruh distribusi linux, kompatibel dengan kebanyakan distribusi, dan sebagianlagi hanya kompatibel dengan beberapa distribusi linux. Karena itu bila anda ingin men-download, sesuaikan dengan distribusi linux yang dipakai.

Contoh Antivirus untuk Linux :
PANDA
Panda antivirus merupakan contoh pertama antivirus yang bekerja untuk membentengi system operasi linux server atau desktop. Program yang dibuat oleh panda software ini dapat dijalankan melalui console / command line.

RAV
RAV antivirus merupakan contoh antivirus yang komersil . aplikasi ini dikeluarkan oleh GeCAD software yang mampu berintegrasi dengan baik pada kebanyakan distribusi Linux. Program ini juga mampu mendeteksi tidak hanya virus – virus livux, tetapi juga virus – virus windows. Hal ini karena RAV antivirus mengikutsertakan seluruh signature (pengenal) virus seluruh system operasi yang popular.

INTERSCAN VIRUSWALL
Interscan VirusWall merupakan program antivirus yang dibuat oleh trend Micro Inc dan bekerja pada Internet gateway untuk mendeteksi dan membersihkan file – file yang terinfeksi virus sebelum memasuki LAN. InterScan VirusWall akan mencari virus – virus juga Java Applet dan ActiveX yang dicurigai ditunggangi virus / kode – kode yang merusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar