Jumat, 26 November 2010

ESPERANTO

Merupakan sebuah bahasa , diciptakan untuk menjembatani komunikasi antar individu dari berbagai Negara. Dalam penggunaannya kurang lebih dari seratus tahun, Esperanto telah terbukti menjadi bahsa yang sungguh – sungguh hidup, yang mampu mengekspresikan berbagai segi pikiran manusia.
Bersifat internasional dan netral , Esperanto bukanlah sebuah bahasa milik masyarakat maupun Negara tertentu, melaikan milik siapapun yang menggunakannya, sehingga menjadikannya sebuah jembatan antar budaya.
Esperanto memiliki struktur bahsa yang sederhana, teratur (tanpa pengecualian), amat fleksibel, dan kosakatanya berciri khas internasional (diadopsi dari beberapa bahasa). Hal tersebut membuat untuk lebih cepat menguasainya dibandingkan dengan bahsa lain.


TUJUAN DAN ASAL – USUL
Dasar dari pembentukan bahsa internasional Esperanto dipublikasikan dari warasawa pada tahun 1887 oleh Dr. Ludwik Lazaro Zamenhof. Ide perencanaan bahasa internasional, dimaksudkan bukan untuk menggantikan bahasa etnik tapi berfungsi sebagai bahasa tambahan, bahasa kedua bagi semua orang bukanlah hal baru, namun Zamenhof melihat bahwa bahasa tersebut haruslah dikembangkan melalui pemakaian kolektif, maka ia membatasi rancangan awalnya dengan tata bahasa minimalis dan sedikit kosa kata. Esperanto kini adalah bahasa yang telah berkembang penuh dengan masyarakat pemakainya di seluruh duniadan sumber linguistiknya luas.
KARAKTERISTIK
Bahasa Esperanto adalah bahasa tulis dan bahasa lisan. Leksikonnya berasal dari bahasa – bahasa Eropa barat sedangkan sintaks dan morfologinya menunjukan pengaruh bahasa Slavia. Morfern Esperanto bersifat tetap dan hamper tak terbatas dalam hal kombinasinya dengan kata – kata lain, sehingga bahasa tersebut memiliki persamaan dengan bahasa – bahasa yang terisolasi seperti bahasa China, sedangkan dalam hal struktur internal kata memiliki ikatan dengan bahasa aglutinatif seperti bahasa Turki, Swahili dan Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar