Senin, 29 November 2010

JARINGAN KOMPUTER

DEFINISI
Jaringan Komputer merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi tlekomunikasi. Gabungan tekhnologi ini melahirkan pengolahn data yang dapat didistribusikan, mencakup pemakaian database, software aplikasi dan peralatan hardware secara bersamaan, sehingga penggunaan komputer yang sebelumnya hanya berdiri sendiri, kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah – pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem inilah yang disebut jaringan komputer (computer network ).

MACAM – MACAM JARINGAN


LAN
Local Area Network (LAN ), merupakan jaringan yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukuran sampai beberapa kilometer

LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer – komuter pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik – pabrik untuk pemakaian sumber daya bersama ( resource, baik hardware maupun software ) serta sarana untuk saling bertukar informasi

LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan 3 karakteristik : ukuran, teknologi ransmisi dan topologinya. LAN seringkali menggunakan teknologi beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps ( mega bit / detik) dengan delay rendah ( puluhan mikro second ) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN – LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.


MAN
Metropolitan Area Network (MAN), adalah sebuah jaringan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, hanya ukurannya biasanya lebih luas dari pada LAN dan biasanya, MAN dapat mencakup kantor – kantor perusahan yang letaknya berdekatan atau antar sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.







WAN
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan LAN, MAN dan mesin - mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemaka.

Seperti LAN, terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN.
Perangkat – perangkat tersebut adalah :
Router ; adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukan rute / jalur ( route) dan mem-filter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah
ATM Switch ; Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara Wan dan LAN.
Modem ( modulator /demodulator ) ; modem mengonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengonversi sinyal digital kedalam bentuk ang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon. Disisi penerima, modem mengonversi sinyal keformat digital kembali.
CSU /DSU (Channel Service Unit / Data Srvice Unit ) ; CSU /DSU sama seperti modem, hanya saja CSU / DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telepon digital. CSU / DSU biasanya berup kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah .
Communication Server ; adalah server khusus “sial in/out” bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
Multiplexer ; Sbuah multyplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit ( circuit ). multyplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus – menerus), seperti video, sound, text, dan lain – lain.
X.25 / Frame relay Switches ; Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal / private melalui jaringan data, menggunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding ATM.

INTERNET
Adalah kumpulan dari beberapa jenis jaringan yang berbeda, LAN, WAN, atau keduanya mencakup seluruh dunia yang saling terkoneksi.






JARINGAN WIRELESS
Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat, yang telah umum dikenal dalah kantor portable. Orang yang sedan dalam perjalanan seringkali ingin menggunakan alat elktronik portable-nya untuk mengirim atau menerima telepon, fax, e-mail, membaca file jarak jauh, login ke mesin jarak jauh, dan sebagainya dan juga ingin melakukan hal – hal tersebut di mana saja. Jaringan tanpa kabel sangat bermanfaat untuk mengatasi masalh – masalah di atas.

Meskipun jaringan ini banyak manfaatnya namun juga banyak kekurangan. Biasanya jaringan tanpa kabel mempunyai kemampuan 1 – 2 Mbps, yang mana jauh lebih rendah dibandingkan dengan jaringan berkabel. Laju kesalahan juga seringkali lebih besar, dan transmisi dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar