Senin, 29 November 2010

VIRUS , WORM DAN TROJAN HORSE


VIRUS
Virus sama dengan program – program yang ada di komputer, yaitu kumpulan kode atau instruksi program. Perbedaanya, ia mempunyai kemampuan menggandakan diri. Proses self replicating ini terjadi dengan menginfesi file / program lain yang disebut host . Disamping itu, virus mempunyai playload, yaitu aksi yang dibawa olh virus. Playload ini bisa berbahaya, bisa juga tidak berbahaya, tergantung selera si pembuat virus.

WORM
worm juga sama dengan program – program yang lain yang ada di komputer. Perbedaannya, ia mampu menggandakan diri. Worm juga berbeda dengan virus. Virus menggandakan diri dengan menginfeksi file, sedangkan worm tidak menginfeksi file apa pun. Worm juga mempunyai playload yang tentu dibuat sesuai keinginan programernya. Sejalan dengan waktu, sekarang ini banyak worm yang juag mempunyai sifat virus. Jadi, ada malicious sofware yang mempunyai karakter virus dan juga mempunyai karakter worm sekaligus.

TROJAN HORSE
Istilah ini berasal dari mitologi Yunani. Dalam suatu perang antara yunani dengan troy, yunani telah mengepung kota troy selama beberapa tahun. Kota troy tidak bisa jatuh ketangan yunani. Akhirnya , yunani membuat strategi membuat kuda raksasa dari kayu. Kuda ini cukup unik, dalamnya berongga sehingga bisa diisi banyak pasukan. Selanjutnya, kuda ini dihadiahkan kepada penduduk troy. Dengan bantuan seorang spionase Yunani, penduduk troy berhasil diyakinkan untuk memasukan kuda kayu raksasa itu kedalam kota. Pada malam harinya tentara Yunani yang ada di dalam kuda itu keluar dan membuka gerbang kota troy. Dengan demikian kota troy dapat dikuasai yunani . Trojan horse di dalam dunia komputer di gunakan untuk menamai program – program yang tampaknya baik, tetapi di dalamnya menyimpan maksud – maksud jahat, misalnya mencuri password, mengontrol komputer dari jarak jauh, dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar